Sabtu, 01 November 2014

Menjadi Pengurus IAI 2014-2018

Jadilah Pengurus IAI Periode 2014-2018
28-10-2014 13:42

Sebagai organisasi profesi yang menaungi akuntan di seluruh Indonesia, Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) senantiasa meningkatkan sumbangsihnya dalam memajukan perekonomian negara untuk mensejahterakan rakyat Indonesia. Di usia 57 tahun, IAI telah membuktikan diri sebagai organisasi profesi yang modern dan makin dewasa dalam kiprahnya mengisi dan menjaga keberlanjutan pembangunan bangsa ini. IAI juga menjadi ujung tombak dari berbagai upaya memenangkan persaingan akuntan di kancah Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015.

Sebagai upaya mengukuhkan peran dan kontribusinya di lingkup nasional dan regional, IAI akan menyelenggarakan Kongres XII pada 19 Desember 2014 di Jakarta. Kongres merupakan pertemuan paling akbar Akuntan se-Indonesia yang dilaksanakan empat tahun sekali untuk membahas perkembangan terkini profesi akuntansi dan merumuskan rekomendasi strategis dalam rangka pengembangan profesi. Kongres XII ini diproyeksikan dihadiri oleh sekitar 3000 akuntan dari seluruh Indonesia.

Kongres XII merupakan salah satu milestone IAI, karena bertujuan untuk mengumpulkan ide dan pemikiran dari seluruh unsur IAI sehubungan dengan dinamika profesi dan tantangan yang akan dihadapi di masa datang, baik yang bersifat nasional maupun global. Kongres IAI juga bertujuan untuk mengevaluasi secara periodik kinerja dan perjalanan profesi akuntan di Indonesia, dan mengkaji efektifitas dan kehandalan organisasi IAI agar dapat menjadi organisasi profesi yang adaptif dan solid dalam menghadapi berbagai tantangan. Kongres kali ini sangat strategis karena akan menyusun perspektif baru tentang grand strategy IAI yang diharapkan akan bermuara pada suatu usulan konstruktif bagi keberlanjutan perekonomian Indonesia.

Mengingat makin besarnya tantangan bagi profesi ini ke depan, Kongres XII memiliki arti penting bagi IAI dan seluruh stakeholders-nya. PMK 25/PMK.01/2014 tentang Akuntan Beregister Negara telah mengamanatkan IAI untuk menyelenggarakan registrasi ulang terhadap lebih dari 53.500 pemegang register Ak., di seluruh Indonesia. IAI juga diberi tanggungjawab untuk menjaga integritas dan kapabilitas Akuntan Profesional Indonesia untuk bisa bersaing di kancah MEA.

Proses konvergensi IFRS yang makin berkembang dari hari kehari, menuntut kerjakeras profesi agar bangsa ini terus update dengan standar keuangan global. Dan sebagai satu-satunya organisasi profesi anggota IFAC (International Federation of Accountants) di Indonesia, IAI dituntut untuk mematuhi setiap SMOs (Statement of Membership Obligations) yang dikeluarkan oleh organisasi profesi akuntan dunia itu.

IAI sebagai organisasi profesi akuntan Indonesia, berkontribusi mendukung Pemerintah untuk terus melakukan perbaikan secara konsisten dalam pengelolaan keuangan negara, termasuk upaya meningkatkan transparansi dan akuntabilitas keuangan negara melalui akuntansi dan pelaporan keuangan berdasarkan international best practices yang disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan Indonesia.

Karena itulah, pemilihan Ketua dan Anggota Dewan Pengurus Nasional (DPN) yang akan memimpin IAI untuk periode 2014-2018, merupakan momentum krusial untuk terus menjaga stabilitas organisasi di masa depan. Dibutuhkan figur Akuntan Profesional yang berintegritas, berpengalaman, dan memiliki networking luas, untuk membawa organisasi sebesar IAI menuju kejayaan.

Pada kesempatan ini, IAI mengundang Akuntan Profesional terbaik bangsa untuk mengisi format baru kejayaan profesi akuntan Indonesia. Jadilah pengurus nasional IAI pada Kongres XII yang diselenggarakan pada 19 Desember 2014 di Balai Kartini, Jakarta. Kriteria dan panduan pengajuan calon, dapat dilihat pada lampiran di bawah ini.
Kriteria Calon:
  1. Bertaqwa kepada Tuhan YME
  2. Anggota utama IAI aktif
  3. Berpengalaman dan memahami permasalahan dalam berorganisasi terutama di profesi IAI
  4. Memiliki akses yang kuat ke sektor pemerintah, dunia usaha dan organisasi profesi lainnya yang terkait.
  5. Memiliki kredibilitas dan akuntabilitas yang teruji
  6. Relatif dikenal di lingkungan akuntan
  7. Memiliki integritas dan komitmen untuk memajukan organisasi IAI
  8. Loyalitas dan sanggup menyediakan waktu untuk organisasi IAI
  9. Tidak pernah terlibat dalam pelanggaran standar dan etika profesi
  10. Mempunyai visi kedepan, tanggap terhadap pengembangan bisnis dan profesi

Panduan Pencalonan:
  1. Calon Ketua DPN IAI diajukan dengan menyertakan sedikitnya 50 tandatangan pendukung
  2. Calon Anggota DPN IAI diajukan dengan menyertakan sedikitnya 25 tandatangan pendukung
  3. Calon Ketua dan Anggota DPN IAI harus membuat surat yang menyatakan bersedia dicalonkan
  4. Nama calon Ketua dan Anggota DPN IAI beserta dokumen pendukung dikirim melalui email ke kongresxii@iaiglobal.or.id
  5. Calon Ketua dan Anggota DPN IAI akan mengikuti proses pemilihan pada Kongres XII IAI yang diselenggarakan pada 19 Desember 2014 di Balai Kartini, Jakarta.
Sumber: http://www.iaiglobal.or.id/v02/berita/detail.php?catid=&id=744

Tidak ada komentar:

Posting Komentar