Senin, 17 November 2014

Akuntansi Pemerintahan Vs Akuntansi Keuangan di Perusahaan




images (1)Mungkin beberapa dari kalian masih pada menganggap kalo bedanya akuntansi pemerintahan sama akuntansi perusahaan cuma brbeda “bidang organisasi”nya aja. Tp tidak cuma itu aja Sob, perbedaannya jg trletak pd sisi akuntansinya. Sebelum kita bahas, perbedaan–perbedaan itu. Yuk kita simak apa karakteristik dari organisasi pemerintahan.

Ada beberapa karakteristik dari “organisasi pemerintahan”. Apa aja tuh?
Nah, yang pertama itu pendirian, pembentukan, dan kegiatan organisasi pemerintahan bukan dengan tujuan atau bermotif mengejar keuntungan semata–mata. Kedua, organisasi pemerintahan itu dimiliki secara kolektif oleh rakyat. Maksud dari dimiliki oleh rakyat itu adalah dalam organisasi pemerintahan tidak terdapat saham yang dimiliki secara individual yang dapat diperjualbelikan atau dipertukarkan. Ketiga, masyarakat secara sadar atau tidak kadang2 dipaksa pemerintah untuk menyetorkan uang, barang, & jasa kepada pemerintah dimana pemerintah akan mempergunakan setoran tersebut untuk kepentingan bersama. Contohnya msyarakat dwajibkan tuk mmbayar pajak. Kmudian uang tsb dgunakan tuk mmbangun jembatan & fasilitas umum lainnya. Yang keempat, pihak–pihak yang memberikan sumber pendanaan kepada organisasi pemerintahan tidak harus menerima imbalan langsung atau proporsional, baik berupa barang, uang, atau jasa.

Sekarang Sob udah tau kan apa aja karakteristik dari “organisasi pemerintahan” :) Nah, berikutnya kita masuk ke perbedaan – perbedaan Akuntansi Pemerintahan dengan Akuntansi Perusahaan.

Perbedaan pertama dilihat dari susunan laporan keuangannya. Pada masih inget susunan laporan keuangan sektor pemerintahan? Gogo sebutin lg ya, Sob. Kalo di akuntansi pemerintahan itu ada laporan realisasi anggaran,neraca,laporan arus kas catatan atas laporan keuangan, laporan operasional, laporan perubahan SAL, dan Laporan Perubahan Modal. Sedangkan kalau dalam akuntansi keuangan itu ada laporan laba rugi laporan perubahan modal, neraca, laporan arus kas, dan catatan atas laporan keuangan. Udah pada tau kan sekarang susunan laporan keuangan sektor pemerintahan sama komersil? Yuk kita bahas perbedaan lainnya.

Kedua, indikator ksuksesan dr organisasi pemerintahan tdk diukur dr saldo laba, tp dlihat dr mutu pelayanan & efisiensinya. Nah, makanya di laporan laba rugi sektor pemerintahan tidak mengungkapkan pencapaian sebuah laba. Sebaliknya nih, kalo di perusahaan laba itu merupakan indikator kesuksesan dari sebuah perusahaan. Makanya, dalam laporan laba rugi perusahaan mengungkapkan saldo laba atau rugi perusahaan dalam suatu periode.

Yang ketiga, dlm sektor pemerintahan dikenal dengan penggunaan akuntansi dana. Udah pada tau belum apa itu akuntansi dana? Maksud dari akuntansi dana itu akuntansi lebih memandang pemerintah sebagai kesatuan dana dengan tujuan dan misi tertentu. Tidak sebagai sebuah entitas organisasi yang punya kepemilikian. Nah, makanya ini berpengaruh pada persamaan akuntansinya yang tidak lagi menggunakan modal pemilik, melainkan saldo dana Sob, tau asal muasal adanya akuntansi dana pada sektor pemerintahan? Penyebabnya itu krn sumber pendanaannya. Sumber pendapatan sektor pemerintahan itu kan berasal dr pajak, retribusi penerimaan2 negara bukan pajak, pinjaman–pinjaman, laba yang diperoleh perusahaan2 negara dan sebagainya. Sedangkan sumber pendapatan dan permodalan dari perusahaan yang berorientasi laba adalah penjualan barang dan jasa serta setoran-setoran yang merupakan penyertaan para pemillik dan dari retained earning. Perbedaan selanjutnya itu di bagian modal, neraca sektor pemerintahan tdk ada pengungkapan kepemilikan modal suatu pihak. Sedangkan, pada perusahaan di bagian modal, neracanya ada pengungkapan modal suatu pihak. Kenapa bisa kaya gitu? Itu krn pemerintah tdk punya kkayaan sendiri kayak perusahaan, dan pmerintah jg tdk dmiliki oleh individu ataupun golongan.

Perbedaan kelima yaitu pemerintah tentunya membutuhkan investasi yang besar untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Contoh investasi–investasinya itu yaitu membangun jalan, jembatan, dan bangunan publik lainnya. Bedanya kalo perusahaan, ketika perusahaan melakukan investasi mk investasi itu kan mnghasilkan pndapatan bagi perusahaan. Nah, kalo di sektor pemerintahan. Investasi yang dilakukan itu tidak menghasilkan pendapatan. Laporan keuangan ini merupakan salah satu bukti pertanggungjawaban suatu organisasi. Kalo dalam perusahaan, laporan keuangan merupakan bukti pertanggungjawaban manajemen perusahaan kepada stakeholder seperti pemegang saham dan kreditor. Dalam sektor pemerintahan, laporan keuangan merupakan salah satu bukti pertanggungjawaban kepada masyarakat/MPR/DPR.

Sekian yah Sob, semoga bermanfaat dan kita sambung lagi next time. ^_^

Sumber: http://jagoakuntansi.com/2014/10/akuntansi-pemerintahan-vs-akuntansi-keuangan-di-perusahaan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar